SMART Sharring On Sales Marketting Every Monday At 08.00 AM
By : FX Hadi Tjokrosoesilo
Topic : " Behave Like A Profesional Doctor "
Para sales person mempunyai kebiasaan Vini, Vidi, Vici – aku datang, serang dan menang ketika berhadapan dengan para pelanggannya. Kebiasaan ini membuat seringkali membuat jengah para pelanggannya. Untuk itu agar kita mempunyai imej yang baik di depan pelanggan sehingga mereka juga dapat terus bersama kita ada baiknya kita mengikuti langkah para dokter profesional dalam menangani pasiennya.
Selain memperhatikan penampilan hal yang biasa dilakukan dokter profesional adalah membangun hubungan baik dengan pasiennya. Begitupun para sales person harus melakukannya. Ada tiga kunci yang bisa diterapkan untuk membangun hubungan dengan pelanggan yaitu dengan berempati, memperhatikan bahasa tubuh positif kala berhadapan dengan pelanggan dan harus memegang kode etik yang kuat.
Langkah – langkah tadi cukup efektif diterapkan jika kita ingin memiliki hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Kemudian hal berikutnya yang bisa dilakukan adalah menyelidiki apa yang menjadi keluhan dan kebutuhan pelanggan. Jangan asal memberikan produk kita tanpa kita mencari tahu dulu apa yang menjadi keinginan dan kebutuhannya. Cari tahu keluhan – keluhan dan masalahnya atau mendiagnosa masalah secara detil.
Jika itu sudah diketahui maka kita sebagai sales person bisa memberikan solusi yang tepat guna. Setelah keluhan dan masalah diketahui maka waktunya untuk memberikan resep atau apa yang dibutuhkan oleh pelanggan kita yaitu membuat presentasi, mengajukan proposal dan akhirnya memberikan penawaran.
0 komentar:
Posting Komentar